Rektor UNS Prof .Jamal Jadi Khotib Dengan 10 Jamaah

Senangnews.com

MENGIKUTI  anjuran pemerintah sehubungan dengan pandemi covid 19 agar melaksanakan sholat idul fitri 1441 H kali ini bisa dilakukan dirumah, Maka rektor UNS prof Dr Jamal Wiwoho, SH, MHum melaksanaknnya di depan garasi rumah di daerah Jl Manunggal I No 43 Sukorejo Rt 02 Rw 20, Banjasari, Surakarta.
Sholat idul fitri yang berlangsung jam 06.15 itu dimulai dengan alunan takbir, tasbih, tahmid dan tahlil dengan diikuti oleh 10 orang. 6 orang keluarga rektor UNS dan 4 orang keluarga adik rektor yang juga merupakan lurah di Jagalan, Jebres, Surakarta.

Jam 06.15 Jamal Wiwoho memimpin sholat ied dengan 2 rekaat dan dilanjutkan dengan khutbah idul fitri dengan tema “Pesan Ramadhan saat Covid 19 dalam kehidupan kita”.
Dalam khutbah yang diikuti dengan 10 peserta tersebut, Khatib menguraikan 3 pesan ramadan yang bisa digunakan sebagai pegangan pasca syawal. Ke tiga hal tersebut adalah pesan moral.atau tahzibun nafsi yang menekankan agar selalu mawas diri pada musuh terbesar umat manusia yakni hawa nafsu yang sejak dulu tidak pernah berdamai; Pesan kedua, hikmah Ramadan saat ini terlukiskan indah justru pada saat detik detik akhir Ramadan dan gerbang menuju bulan Syawal, dimana ketika umat islam mengeluarkan zakat fitrah kepada Ashnafuts Tsamaniyah atau 8 kategori kelompok masyarakat yang berhak menerima zakat, terutama kepada fakir miskin yang diwujudkan bagaimana tali silaturahmi serta semangat untuk berbagi itu semakin nyata terjadi ; dan yang ketiga adalah pesan jihat dalam bulan Ramadan dalam arti luas yakni jihat dalam pengertian yang utuh yakni jihat itu mengecilkan arti segala sesuatu yang dimilikinya demi mendapatkan keridhoanNya, mendapatkan pahala serta keselamatan dari siksaNya.

Pada bagian lain dalam khutbah idul fitri didepan garasi rumah tinggalnya tersebut, mantan Irjen Kemenristek itu juga menyampaikan bahwa pandemi covid 19 itu merupakan kehendak dan berasal dari Allah agar umat islam harus selalu membiasakan dan menjaga kebersihan karena kebersihan itu sebagian dari iman, Covid itu ujian dari Allah dan Allah lah yang akan menghentikannya serta berharap dengan adanya pandemi covid itu umat islam di Indonesia selalu meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan kesabaran serta selalu berharap ridho dari Nya.
Khotbah rektor UNS kemudian di tutup dengan doa agar pasca pandemi covid 19 dianugerahkan agar kehidupan umat islam lebih baik di dunia, dan di akhirat serta dihindarkan dari azab api neraka.

paksri.

Leave a Comment