PKM STIE AUB, MASKER UNTUK MENJAGA KESEHATAN DAN MENINGKATKAN PENGHASILAN

SENANGNEWS.COM

TIM Pengabdian Kemasyarakat STIE AUB Surakarta yakni, Eko Meiningsih Susilowati, SE., MM., M.Si (Ketua)dan  Dra. ErnaTiningrum, MM (Anggota),Minggu, 9 Agustus 2020 melakukan Pengabdian Masyarakat di Posanan Tegalharjo Jebres,Surakarta,kali ini mengangkat tema Pembuatan Produk Kesehatan Dalam Upaya Mencegah Penularan Covid 19 dan MASKER UNTUK MENJAGA KESEHATAN DAN MENINGKATKAN PENGHASILAN

Peserta yang hadir sekitar 15 orang mengenakan protokol kesehatan dengan memakai masker,sangat menaruh perhatian dengan kehadiran Tim PKM STIE AUB Surakarta,ditengah pandemi Covid.19 dapat memberikan pembelajaran praktek pembuatan  salah satu alat kesehatan yakni masker yang sangat dibutuhkan  masyarakat serta ada nilai penghasilan.

Ketua Tim EkoMeiningsih Susilowati, SE., MM., M.Si dalam kesempatan pengabdian masyarakat ,mengatakan Wabah virus corona atau covid-19 di seluruh dunia telah menyebabkan kelangkaan masker untuk melindungi wajah.Sedangkan semua petugas kesehatan diwajibkan mengenakan masker.Karena masyarakat juga takut akan tertular virus tersebut dan pemerintah mewajibkan juga kepada semua masyarakat untuk mengenakan masker, sehingga masker di pasaran khususnya di apotik untuk tenaga kesehatan menjadilangka.

Hal ini disebabkan karena masyarakat juga harus mengenakan masker sehingga permintaanakan masker menjadi melonjak. Karena itu dibutuhkan banyak masker untuk memenuhi kebutuhan tersebut.Hal ini menjadi peluang bagi masyarakat khususnya yang mempunyai kemampuan menjahit untuk memproduksi masker.Tetapi tidak menutup kemungkinan yang tidak bisa menjahitpun bisa memproduksi masker.Masker sendiri ada beberapa macam jenisnya.Misalnya masker bedah dan respirator N95. Masker-masker tersebut digunakan untuk tenaga kesehatan.Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakat dibutuhkan masker yang terbuat dari kain.Bagimereka yang mempunyai kemampuan menjahit atau yang baru belajar menjahit bisa membuat masker sendiri.Setelah membuat sendiri untuk diri sendiri masker-masker tersebut dapat dibuat dalam jumlah yang banyak.Tujuan dibuat dalam jumlah banyak adalah untuk dijual.Dengan menjual masker ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh atau menambah penghasilan di masa pandemi ini.Meskipun masker buatan sendiriperlindungannya jauh lebih rendah dibandingkan dengan masker bedah dan respirator N95, namun masker buatan sendiri lebih baik dari pada tidak menggunakan sama sekali. Masker buatan sendiri tidak seefektif masker bedah atau masker N95, tetapi masker buatan sendiri atau masker dari kain benar-benar dapat membantu dalam kondisi saat ini.Masker kain membant umenjaga area wajah bersih, jadi itu lebih baik dari pada tidak mem akai pelindung apa-apa.Kita  dapat membuat masker sendiri, terlepas dari apakah kita bisa menjahit atau tidak yang penting bisa mengoperasikan mesin jahit. Dalam pembuatan masker lapisan adalah kunci untuk membuat masker yang efektif.Ini penting untuk memiliki masker yang membentuk segel yang pas di mulut dan hidung, sehingga partikel tidak bisa masuk melalui celah.Masker dengan lapisan luar yang halus, lapisan tengah dari bahan kain.

Sedang anggota tim Dra.Erna Tiningrum, MM,mengngkat  tema ,STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF DI TENGAH PANDEMI.

Dikatakan lebih lanjut, Penjualan produk ataupun jas asaatini sedang menurun.Hal ini disebabkan karena adanya virus corona.Virus ini menyebar di banyak negara tak terkecuali Indonesia. Dalam kondisi seperti ini pelaku bisnis harus pandai memutar otak untuk bekerja lebih keras agar usaha mereka tetap berjalan.Tentu saja kreativitas yang tinggi dan semangat pantang menyerah adalah sebuah keharusan agar bisa bertahan di masa sulit ini.Untuk memudahkan dalam menyusun strategi pemasaran produk yang bagus, ada beberapa cara. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diikuti, antara lain: 1.Membuat strategi pemasaran yang baruJangan putus asa saat produk utama kita sepi. Dengan kreativitas,  kita dapat meraih untung di masa-masa yang sulit ini. Kita bisa menjual produk substitusi.Misalnyamembuat masker dari bahan kain.2.Membuat strategi pembuatan produk yang unik Strategi pembuatan produk yang yang unik misalnya membuat masker dari bahan kain dengan motif dan corak yang menarik, bagus dan unik.

  1. Meningkatkan komunikasi dengan pelanggan Di masa yang penuhketidakpastianini, kita harus membuat komunikasi dengan pelanggan setia menjadi lebih intens.Kita harus meyakinkan pelanggan bahwa kita masih terus memberikan layanan yang terbaik.Misalnya saja dengan cara mengirim pesan lewat email atau whatsapp.
  1. Jangan menyerah Menyerah adalah hal yang akan membawa kehancuran. Kita harus tetap tenang agar bisa melakukan perhitungan dan penyusunan strategi pemasaran produk yang efektif.Menyusun strategi bisnis dan memanfaatkan aplikasi berbasis web bisa dilakukan, disamping mudah juga untuk minimalisir kontak dengan orang lain saat bertransaksi.

Acara juga diselingi tanya jawab dari para peserta sehingga suasa hidup,antusias sekali.

Paksri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *