Siapa Calon Sekda Kabupaten Sukoharjo Terpilih?

SURAKARTA : ADA Empat pejabat eselon II Pemkab Sukoharjo bersiap bersaing memperebutkan posisi jabatan Sekretaris Daerah atau Sekda Sukoharjo.
Keempat pejabat itu dinyatakan lolos seleksi administrasi pada bursa seleksi calon Sekda pada Jumat (9/4/2021). Selanjutnya keempat pejabat tersebut akan mengikuti tahapan uji kompetensi pada Rabu-Kamis (14-15/4/2021).Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Sekda Sukoharjo Anwar Hamdani mengatakan ada empat calon yang memasukkan berkas lamaran pada bursa calon Sekda. Mereka yakni Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Abdul Haris Widodo.Kemudian Kepala Satpol PP Heru Indarjo, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) RM Suseno Wijayanto, dan Asisten II Setda Widodo. Keempat pejabat yang akan mengikuti seleksi calon Sekda itu semuanya merupakan aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Sukoharjo.

Pansel akan menggelar rapat bersama seluruh anggota dengan agenda verifikasi berkas pencalonan Sekda pada Jumat (9/4/2021) atau tepat hari terakhir pendaftaran Sekda Sukoharjo. Dalam rapat tersebut Pansel akan menetapkan bakal calon yang lolos seleksi administrasi dan maju ke tahapan lanjutan. Selain itu rapat pansel juga dilakukan sekaligus memutuskan apakah akan memperpanjang waktu pendaftaran atau tidak. Perpanjangan pendaftaran dimungkinkan dilakukan jika jumlah pelamar tidak memenuhi kualifikasi.
Untuk mengisi posisi tersebut, Pemkab menggelar seleksi terbuka jabatan Sekda tersebut. Pemkab membentuk Panitia Seleksi (Pansel) independen yang terdiri dari lima orang. Terdiri atas kalangan akademisi, tokoh masyarakat dan birokrat.

Pansel terdiri atas lima orang bekerja berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Sukoharjo Nomor 882/092/2021 tentang pembentukan Pansel Seleksi Terbuka dan Kompetitif Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda. Lima orang Pansel tersebut masing-masing Anwar Hamdani (Ketua) dan empat anggota masing-masing Siti Fatonah (akademisi), Etty Indriyani (akademisi), Prasetyo Aribowo (Kepala Bappelbangda Provinsi), dan Tuhani (LPPM UNS).

Seleksi terbuka jabatan Sekda Sukoharjo tersebut sudah mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Sesuai tahapan yang dibuat Pansel, ujar Anwar, seleksi terbuka jabatan Sekda Sukoharjo ditargetkan selesai akhir bulan ini.”Sesuai jadwal, 26 April nanti hasil akhir seleksi jabatan Sekda sudah kami sampaikan pada Bupati,” ujar Anwar.Ihwal persyaratan calon Sekda, Anwar mengaku antara lain sedang atau pernah menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama (setara eselon 2B) atau jabatan fungsional jenjang ahli madya paling singkat dua tahun. Kemudian memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas atau fungsi terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif minimal lima tahun.Kemudian menduduki pangkat, golongan/ruang sekurang-kurangnya pembina tingkat I (IVB). Khusus pelamar dari luar Sukoharjo, mendapatkan persetujuan/rekomendasi dari pejabat pembina kepegawaian (PPK) serta tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat serta tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin.

Anwar selaku Ketua Pansel sudah beberapa kali dipercaya Pemkot dan Pemkab di Solo Raya dalam lelang jabatan, mengatakan Pansel siap melaksanakan lelang jabatan Sekda secara objektif, professional, transparan dan akuntabel. Pansel berharap ASN yang memenuhi syarat untuk mengikuti lelang jabatan Sekda Sukoharjo.[ rel/ i/y/sri]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *