TIM PENGABDIAN MA SYARAKAT STIE AUB ,SOSIALISASI PAJAK DI PASAR DEPOK

SENANGNEWS.COM

 

Keberadaan Pasar Ikan  Depok ,Balekambang,Banjarsari Surakarta menarik perhatian Tim Pengabdian Masa STIE AUB Surakarta.Ini cukup beralasan karena setiap  hari cukup ramai  di kunjungan penggemar ikan hias, yang sebelumnya merupakan pindahan dari Pasar Besar Surakarta.Tentu keramaian kunjungan akan membawa berkah rezeki penghasilannya,lalu apakah mereka juga sudah berkewajiban sebagai wajib pajak yang sudah taat atau belum sama sekali sebagai wajib pajak pribadi.

Tim Pengabdian Masyarakat STIE AUB,yakni Dr.Lilis   Sulistyani ,SE,M.Si,AK,CA dan Dr. Ifah Lathifah,SE,M.Si,AK,CA serta Shandy Marsono,SE,MM  hari Selasa,28 Juli 2020 berkunjung ke Pasar Ikan Depok Balekambang   Surakarta yang dipandang merupakan potensi sebagai wajib pajak yang kali ini mengangkat tema,Pelatihan dan Pendampingan Penghitungan Sampai Pengisian SPT Tahunan PPH Orang Pribadi Bagi Pedagang Ikan Pasa Depok Surakarta.

Suasana pandemi Covid.19 sehingga kunjungan terbatas waktunya termasuk yang dikunjungi pedagang pasar ikan yang jumlahnya cukup besar tidak semuanya berkesempatan bertemu tim pengabdian masyarakarat.

Menurut Dr.Lilis demikian panggilan akrabnya di kampus juga sekaligus ketua tim pengabdian masyarakat,para pedagang pasar ikan yang bertemu sekitar 15 pedagang,mereka diberikan sosialisasi juga pengertian tentang pajak penghasilan pribadi.

Tim juga mendampingi cara pengisian SPT , dan bila para pedagang pasar ikan sudah menjadi wajib pajak perorangan tentu nanti akan mendapat E.Filing Pajak,sambil membagi brosur materi tentang pajak penghasilan pribadi.

Dijelaskan pula,sebagai warga negara yang baik tentu taat pada ketentuan pajak,meski pada perhitungan pajak penghasilan nantinya belum tentu kena pajak orang pribadi.Banyak  pertanyaan yang muncul ketika tim pengabdian masyarakat bertemu para pedagang pasar ikan,perihal wajib pajak bagi pedagang pasar ikan baik pengisian SPT mapun laporan pajak.

Tim yang mengajar perpajakan di STIE AUB,hadir karena peduli dan pada kesempatan mendatang akan hadir lagi untuk mendampingi para pedagang pasar ikan dalam cara pengisian SPT Pajak perorangan ,ucap Dra.Llis .

Perlu ditambahkan,materi yang disampaikan kepada para pedagang pasar ikan Depok meliputi,pelatihan dan pendampingan penghitunan sampai pengisian SPT Tahunan PPH Orang Pribadi,diharapkan bisa dipelajari agar dimengerti.

Pasri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *