TIM Pengabdian Masyarakat STIE AUB,Melatih Ketrampilan Pemasaran Secara Online

SENANGNEWS.COM

TIM Pengabdian Masyarakat STIE AUB Surakarta yang Diketuai,Yuniatin Trisnawati DKW, SE, MM dibantu oleh Dian Nur Mastuti, SE, MM dan Mulyadi, SE, MM, MH, Akt, CA selaku anggota menyelenggarakan ceramah pelatihan dengan tema “ Peningkatan Keterampilan Melalui Pemanfaatan Teknologi Pemasaran Online dan Pembukuan Digital di Pusat Informasi  Remaja (PIK-R) Tunas Unggul RW 09 Kalurahan Nusukan Banjarsari Surakarta., berlangsung Minggu 26 Juli 2020.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh 20 peserta yang terdiri dari remaja PIK-R Tunas Unggul, pengurus RW dan RTsetempat, pengurus Dinas pengurus RW dan RTsetempat, pengurus Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dan juga Duta Generasi yang Punya Rencana (Genre) Kota Surakarta tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Pada kesempatan memberkan  ceramah tersebut Tim mengatakan,  bahwa pada                saat ini masyarakat dunia sedang dihadapkan dengan era baru yang disebut dengan era Revolusi industri 4.0. Munculnya era ini ditandai dengan penggunaan teknologi digital diberbagai bidang kehidupan manusia baik bidang ekonomi, perbankan, komunikasi, pendidikan, infrastruktur, bisnis dan lain sebagainya.Selain hal tersebut, perkembangan dunia digital juga berpengaruh terhadap hilangnya beberapa lapangan pekerjaan namun juga diikuti dengan munculnya jenis-jenis pekerjaan baru.

Dikatakan selanjutnya  agar dapat bertahan dalam perubahan ini, masyarakat harus dapat mengantisipasinya dengan meningkatkan keterampilan tidak hanya berupa hardskill namun juga softskill.Kemampuan softskillyang harus dimiliki antara lain, mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki kemampuan problem-solving, serta kreatif dan inovatif. Dengan kemampuan yang dimiliki tersebut seseorang akan dapat beradaptasi di dunia kerja pada era digital saat ini. Pasalnya dengan berkembangnya dunia digital tidak menutup kemungkinan terjadinya kolaborasi di berbagai bidang pekerjaan. Terlebih saat ini masyarakat sudah menerapkan teknologi digital di berbagai aspek kehidupan mereka. Jenis pekerjaan yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan akan muncul seiring dengan kebutuhan masyarakat.

Bagi para  Remaja RW 9 Kampung Minapadi Kalurahan Nusukan Banjarsari Surakarta yang berada dalam wadah Pusat Informasidan Konseling Remaja (PIK-R) Tunas Unggul sangat memahami pentingnya keterampilan hardskill dan softskillpada era digital ini. Untuk memenuhi kebutuhan keterampilan tersebut PIK-R Tunas Unggul bekerjasama dengan beberapa lembaga atau instansi yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan salah satunya adalah dengan Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) STIE-AUB Surakarta.

Melihat kebutuhan remaja PIK-R Tunas Unggul tersebut Tim PkM STIE-AUB Surakarta yang diketuai oleh Yuniatin Trisnawati DKW, SE, MM dibantu oleh Dian Nur Mastuti, SE, MM dan Mulyadi, SE, MM, MH, Akt, CA selaku anggota menyelenggarakan ceramah pelatihan dengan tema “ Peningkatan Keterampilan Melalui Pemanfaatan Teknologi Pemasaran Online dan Pembukuan Digital di Pusat Informasi  Remaja (PIK-R) Tunas Unggul RW 09 Kalurahan Nusukan Banjarsari Surakarta.”Pertemuan tersebut dihadiri oleh 20 peserta yang terdiri dari remaja PIK-R Tunas Unggul, pengurus RW dan RTsetempat, pengurus Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dan juga Duta Generasi yang Punya Rencana (Genre) Kota Surakarta tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Pelatihan keterampilan pemasaran online yang disampaikan oleh Tim PkM adalah cara membuat brosur online dengan menggunakan aplikasi imooji yaitu merupakan sarana online untuk membuat interaktif digital brosur, katalog produk, undangan event, promosi barang atau jasa, greeting cards, dan banyak kegunaan lainnya. Sedangkan untuk pembukuan  yaitu dengan memanfaatkan aplikasi pembukuan sederhana yang bernama Catatan keuangan usaha – Toko Kuyang dapat dilakukan dengan menggunakan handphone (HP). Hasil pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja PIK-R Tunas Unggul khususnya dan seluruh peserta yang hadir pada umumnya tentang bagaimana melakukan pemasaran dan pembukuan online. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan pada Tim PkM antara lain tentang media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaranonline tersebut. Media online yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran adalah WattsApp (WA), Instagram (IG) atau media sosial yang lain.

Salah satu anggota Tim Ibu Dian Nur Masututi mengharapkan,kegiatan ini akan berlanjut dengan pendampingan bahkan   ada pula remaja dari kelompok lain yang mengingingkan  kehadiran Tim PKM STIE AUB bisa hadir dilain kesempatan serta dilain tempat dengan  tema yang sama.Selamat dan Sukses Tim PKM STIE AUB Surakara.

Paksri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *